PC IPNU - IPPNU Ciamis Gelar Raker dan Upgrading : Fokus pada Pengembangan Potensi dan Kemandirian Kader

Ciamis, 30/9/2024 - Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Ciamis sukses menggelar kegiatan Upgrading sekaligus Rapat Kerja Cabang (Rakercab) yang berlangsung di Pondok Pesantren Riyadlul Fadlillah Cipaku. Acara yang berlangsung 27-28 September 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader serta menyusun program kerja organisasi yang berfokus pada pengembangan potensi kader dan kemandirian.

Kegiatan Upgrading dilaksanakan terlebih dahulu sebagai upaya penguatan kompetensi dan kapasitas anggota pengurus. Dalam sambutannya, Ketua PC IPNU Ciamis, Irman Muhamad Farhan, menyampaikan bahwa Upgrading ini bertujuan membekali pengurus dengan kemampuan managerial, kepemimpinan, dan keterampilan teknis yang relevan dalam menjalankan organisasi.

"Pengurus yang mumpuni dan memiliki pemahaman yang baik tentang tugas dan fungsinya merupakan kunci keberhasilan program-program IPNU-IPPNU di masa mendatang. Oleh karena itu, Upgrading ini menjadi langkah awal sebelum Rakercab agar kita semua siap melangkah dengan visi yang sama," ujarnya.

Setelah Upgrading, kegiatan dilanjutkan dengan Rakercab yang dihadiri oleh pengurus cabang. Rakercab membahas berbagai agenda strategis, dengan fokus utama pada pengembangan potensi kader dan peningkatan kemandirian organisasi.

Ketua PC IPPNU Ciamis, Nia Siti Kuniasari dalam pembukaannya menekankan pentingnya menyiapkan kader-kader yang tidak hanya memahami nilai-nilai keislaman dan ke-NU-an, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mandiri, baik secara intelektual maupun ekonomi.

"Perempuan muda IPPNU harus menjadi generasi yang berdaya dan mandiri. Melalui program kerja yang disusun, kami akan mendorong berbagai pelatihan keterampilan, literasi digital, dan pengembangan wirausaha yang relevan dengan kebutuhan kader perempuan di era ini," tegasnya.

Ketua PCNU Ciamis KH Arief Ismail Chowas berpesan dalam sambutannya bahwa Kader IPNU IPPNU itu adalah NU yang akan datang .

"IPNU IPPNU adalah cikal bakal NU, upgrading dan raker ini harus mampu merumuskan keputusan kerja yang kongkrit serta maslahat untuk pengembangan kader, dan terus berkomitmen untuk terus mensyiarkan Ahlusunah Waljamaah An-Nahdhiyyah dikalangan pelajar dari berbagai aspek," ujarnya.

Kegiatan Upgrading dan Rakercab ini mendapat sambutan antusias dari peserta. Seluruh peserta berharap hasil dari rumusan ini dapat membawa perubahan positif bagi IPNU dan IPPNU di Kabupaten Ciamis, serta mampu membangun kader-kader yang berdaya saing, mandiri, dan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Aswaja.

Posting Komentar untuk "PC IPNU - IPPNU Ciamis Gelar Raker dan Upgrading : Fokus pada Pengembangan Potensi dan Kemandirian Kader "